Blog ini berisi Artikel dan Tata Cara Beribadah

Thursday 19 March 2015

Besi


Semua pasti pernah melihat besi (kalo gak pernah liat ya kebangetan :v). Unsur yang memiliki nomor atom 26 ini adalah benda yang sangat bermanfaat bagi manusia. Besi banyak digunakan dalam keperluan sehari-hari, mulai dari bahan penyokong rumah, bahan baku kendaraan, penyokong jembatan, senjata perang, dll. Kesemua manfaat itu memang diberikan oleh Allah agar manusia dapat bertahan hidup. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya besi bukan berasal dari bumi itu sendiri????

Besi memanglah unsur yang dikatakan paling sentral manfaatnya bagi manusia. Itu tak terbantahkan lagi, sejak zaman pra aksara (belum mengenal tulisan) sampai sekarang besi masih menjadi barang yang tidak pernah tidak digunakan oleh manusia. Sebelum mengenal besi (masa Paleolithikum dan Mesolithikum) manusia menggunakan batu atau tulang untuk bertahan hidup. Mereka menggunakannya untuk bercocok tanam ataupun untuk berburu. Setelah mengenal besi, peradaban manusia berkembang sangat pesat. Manusia mulai meninggalkan batu untuk membuat alat-alat untuk membantu kelangsungan hidup mereka, seperti Kapak Persegi. Banyak lagi kegunaan besi setelah zaman Praaksara. 

Masih ingatkah anda tentang salah satu mukjizat nabi Daud as? Ya.... salah satu mukjizat beliau adalah dengan menggunakan besi sebagai baju pertahanan dalam berperang. Itu semua tak lepas dari petunjuk Allah kepada nabi Daud as. Allah mengajari Nabi Daud as untuk menaklukkan besi dan menyuruhnya untuk membuat baju besi. Seperti dalam firman Allah surat Al Anbiya' : 80 :

وَعَلَّمْنَاهُ صَنْعَةَ لَبُوسٍ لَكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِنْ بَأْسِكُمْ ۖفَهَلْ أَنْتُمْ شَاكِرُونَ

Artinya : "Dan telah kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu. Maka hendaklah kamu bersyukur kepada Allah."

Dalam ayat tersebut bisa kita pahami, bahwa Nabi Daud memanglah orang pertama yang memiliki kemampuan untuk mengolah besi menjadi baju perang. Sebelumnya baju perang hanyalah terbuat dari lempengan yang disusun melingkar ke tubuh. Nabi Daud dalam mengolah besi juga diberi kemudahan dalam mengolahnya. Tidak seperti orang-orang yang mengolah besi dengan membakarnya, Nabi Daud justru bisa memipihkan besi dengan tangannya. Nabi Daud dalam perangnya memakai baju besi adalah melawan Raja Jalut dan kelompok negara yang lain.

Besi di masa kejayaan Islam 
Teknik pengolahan besi untuk senjata perang dimulai dari tahun 9 M yakni di dekat kota Damaskus, Syiria tetapi belum diproduksi secara besar-besaran. Baru setelah masa Islam mulailah pengolahan besi sebagai alat persenjataan secara besar-besaran. Sejarawan Al Qolqo Sandi dalam bukunya yang berjudul Sub Al Askho menerangkan bahwa  pada masa Dinasti Ayyubiyah, Damaskus menjadi pusat pengolahan besi di dunia. Besi tersebut kebanyakan diolah menjadi pedang dan tameng. Pedang Damaskus memang memiliki corak yang sangat indah dan memiliki kelenturan yang luar biasa. Pedang Damaskus atau lebih populer disebut pedang Persia ini juga dikenal sebagai salah satu pedang terkuat di dunia.

Ingatkah anda pada perang Salib yang berlarut-larut lamanya itu??? Ya... Faktor penyebab kekalahan pasukan Kristen Romawi dengan Islam adalah disamping Kaum muslimin memiliki strategi perang yang tangguh, para Syuhada' islam menggunakan pedang Damaskus ini. Pedang ini memang memiliki kekuatan yang luar biasa, karena memang bisa menebas baju besi sampai terbelah tanpa mengurangi ketajaman pedangnya. Konon setelah diteliti, ternyata pedang Damaskus ini dibuat dengan teknologi "Nano" yang mana teknologi ini populer dikenal pada akhir abad 17.
Subhanallah... Memang karunia Allah kepada umat Islam sangat besar!

Asal Muasal Besi


 وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ ۚإِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

Artinya : "Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang dahsyat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama) Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa." (Q.S Al Hadid : 25)

Mengapa Allah menggunakan besi sebagai nama surat dalam Alqur'an???
Ya.... Karena besi merupakan unsur yang sangat mulia, disamping itu Allah juga menyebutkan secara eksplisit tentang besi. Dalam ayat tersebut terdapat kata "Anzala" yang artinya aku turunkan. Ini berarti Allah menurunkan besi dari langit bukan menciptakan dan meletakkan besi langsung dari bumi. Kata "Anzala" ini juga dipergunakan oleh Allah pada ayat yang menyatakan bahwa Allah menurunkan hujan dan Alkitab. Seperti  pada surat Az-Zukhruf : 45 :

وَٱلَّذِى نَزَّلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءًۢ بِقَدَرٍ فَأَنشَرْنَا بِهِۦ بَلْدَةً مَّيْتًا ۚ كَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ

Artinya : "Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar  (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).

Besi merupakan salah satu unsur yang berat di alam semesta. Disebut berat dikarenakan besi memiliki massa yang jauh lebih berat daripada unsur yang lain, seperti oksigen, hidrogen, helium, dll. Ahli astronomi NASA (National Aeronautics and Space Administration) dalam akhir penelitiannya membenarkan Alquran tentang turunnya besi dari langit. Seperti yang sudah saya posting pada artikel "Black Hole dalam Alqur'an" bahwa besi hanya terbentuk dari proses Nukleosintesis yang terjadi pada bintang mati yang ukurannya lebih dari 15x ukuran matahari. Matahari kita yang inti dalamnya memilki suhu sekitar 15 juta derajat kelvin tidak mampu membuat besi, dikarenakan ukuran dan energi yang dihasilkan matahari terlalu kecil. Matahari hanya mampu membuat Helium dan unsur-unsur ringan lainnya. Pada Fase bayi (Proto planet) bintang akan terbentuk menjadi beberapa bagian. Ada yang terbentuk menjadi Bintang Maha raksasa, Bintang raksasa, Bintang Deret Utama, dan Bintang Kurcaci (bintang gagal). Nah bintang yang nantinya akan menghasilkan besi adalah Bintang Maha raksasa dan bintang raksasa. Setelah kedua fase ini lahir maka mereka akan melakukan aktifitas fusi nuklir (Penggabungan 4 atom hidrogen menjadi helium) sama seperti bintang-bintang yang lain. Tetapi setelah proses fusi nuklir tersebut selesai (habis bahan bakarnya), maka inti bintang itu akan mengalami degenerasi (meluruh). Ini mengakibatkan inti bintang akan memproduksi unsur besi dalam jumlah besar. Lama-kelamaan bintang tersebut akan penuh dengan besi dan tidak sanggup menahan jumlah besi yang sangat besar. Akhirnya terjadilah goncangan dan ledakan  yang dinamakan Supernova. Supernova tersebut tentunya mengandung unsur-unsur bintang tadi, dan kebanyakan mengandung unsur besi. Bintang yang menjadi triliunan kepingan karena supernova tersebut ada yang membentuk meteor, asteroid, atau benda angkasa lainnya. Benda-benda langit itupun akhirnya berserakan di luar angkasa. Jika benda langit itu dekat dengan planet, maka akan ditarik oleh gravitasi planet tersebut dan terjadilah tabrakan.

Peneliti NASA mengungkapkan bahwa milyaran tahun lalu (masa mesozoikum) terjadi tabrakan antara bumi dengan asteroid super besar. Ini membuat bumi menjadi tidak stabil, kemudian asteroid itu terpaksa masuk ke dalam inti bumi. Setelah diteliti, ternyata asteroid itu mengandung banyak sekali unsur besi. Hal ini mengakibatkan bumi memiliki unsur besi yang cukup banyak yaitu 35 % dari semua unsur di bumi. Ini membuktikan bahwa informasi dari Alqur'an memang benar (tidak ada salah sedikitpun).

Manfaat Besi

Di dalam surat Al Hadid ayat 25 diatas menyatakan bahwa besi memiliki kekuatan yang dahsyat dan sangat bermanfaat bagi manusia. Beberapa manfaat yang tergolong besar antara lain :

1. Salah satu unsur penting Makhluk hidup
Besi merupakan unsur yang penting bagi tubuh manusia dan hewan, dikarenakan besi merupakan unsur penyusun Hemoglobin. Hemoglobin sendiri berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam darah. Jika manusia kekurangan unsur besi dalam tubuhnya maka kandungan hemoglobin juga akan berkurang, sehingga proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Pada tumbuhan besi merupakan unsur penyusun klorofil. Tanpa Hemoglobin dan klorofil maka tidak akan ada kehidupan di bumi ini.


2. Adanya sabuk pelindung bumi.


Sains modern telah membuktikan bahwa bumi kita ini sebenarnya terlindung oleh sabuk yang dinamakan Sabuk Van Allan. Sabuk ini terbentuk dari unsur-unsur besi dan membentuk medan magnet yang besar sehingga bumi mampu menangkal radiasi-radiasi nakal yang berkeliaran di alam semesta. Tentunya sabuk ini sangatlah bermanfaat bagi bumi khususnya bagi makhluk hidup.
Ketika terjadi flare (badai matahari yang terjadi setiap 11 tahun sekali), matahari akan mengeluarkan materi yang sangat berbahaya seperti CME (Coronal Mass Ejection). Flare yang dikeluarkan oleh matahari ini akan bergerak mendekati planet-planet yang mengelilinginya. Flare ini bisa mengakibatkan kehidupan di bumi menjadi hancur karena kekuatan flare sama dengan 100x bom atom Hiroshima (Wooooowww). Dampak pertama yang bisa dirasakan oleh manusia adalah rusaknya alat-alat komunikasi dan peralatan-peralatan medis. Disamping itu flare juga sangat berbahaya jika terkena makhluk hidup, karena akan mengakibatkan penyakit kanker. Untungnya Allah sudah membuat Sabuk Van Allan untuk melindungi bumi kita dari serangan badai matahari.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang lain. Ternyata Allah sangat peduli dengan kita. Meskipun kita tidak minta Allah sudah siap sedia memberi kita apa yang kita butuhkan. Dalam artikel diatas contohnya, Allah sudah memberikan ciptaannya kepada kita dan dalam ciptaannya itu terdapat keistimewaan-keistimewaan yang sangat dahsyat. Dan itu semua tercantum dalam Alqur'an. Masihkah kita meragukan kebenaran Islam???



Semoga Bermanfaat.






Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment