Blog ini berisi Artikel dan Tata Cara Beribadah

Wednesday 4 March 2015

Berdoa


Semua orang pasti pernah berdoa baik di kala mereka mampu ataupun kurang mampu. Berdoa adalah sebuah cara yang digunakan untuk memohon suatu permintaan kepada sang Ilahi Rabbi agar keinginannya dikabulkan. Oleh sebab itulah doa adalah salah satu perintah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Allah menyuruh kita untuk berdoa 5 kali dalam sehari, tentunya pada waktu kita sholat (sholat kan artinya doa :D). Suatu hamba jika tidak pernah berdoa kepada Allah maka Allah sangat membencinya dan Allah menggolongkannya sebagai orang yang sombong, seperti firman Allah dalam surat Al Ghafr ayat 60 :

40:60

Artinya : 
"Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kukabulkan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan yang sangat hina."

Dari ayat diatas sudah bisa kita pahami, bahwa Allah tidak hanya menggolongkan orang-orang yang tidak mau berdoa kepada Allah, tetapi Allah juga mengancamnya untuk dimasukkan ke dalam neraka Jahannam. Maka dari itu para sahabat semua diharapkan selalu berdoa setiap waktu, tak peduli kita dalam keadaan senang atau susah.

Ada yang menarik dalam ayat diatas! Allah berfirman bahwa Allah akan mengabulkan semua doa kita. Mungkin para pembaca sekalian agak menggerutu dalam hati karena mungkin ada doa para pembaca yang sampai saat ini belum dikabulkan. Tetapi yang perlu diketahui bahwa Allah sudah pasti akan mengabulkan semua doa kita. Allah mengabulkan doa kita ada 3 waktu/tahap :

1. Allah mengabulkan doa kita secara kontan
Terkadang Allah mengabulkan doa kita secara langsung, tanpa menunggu waktu yang lama. Itu biasanya ketika kita dalam keadaan terdesak, tapi mungkin juga pada waktu yang biasa-biasa saja. Bisa juga doanya Nabi Muhammad SAW, maka Allah tidak akan segan-segan untuk mengabulkan doa beliau.

2. Allah mengabulkan doa kita dalam kurun waktu
Allah mengabulkan doa kepada suatu hamba biasanya melalui perantara, dan juga membutuhkan waktu. Misalnya ketika kita berdoa ingin masuk PNS, maka Allah mengabulkannya 1 atau beberapa tahun lagi, yang mana kita disuruh mendaftar PNS dulu. Ada juga yang bertahun-tahun doa kita belum dikabulkan, tapi jangan menyalahkan Allah, lihatlah dulu apa yang pernah kita perbuat. Apakah selama ini kita selalu mentaati perintah Allah dan menjauhi laranganNya? 
Kita juga harus selalu berikhtiar agar Allah yakin bahwa kita memang membutuhkan pertolongan Allah. Jika doa kita belum juga terkabul, jangan berkecil hati, kita harus bersabar, mungkin di lain waktu akan terkabul atau permintaan anda diganti oleh Allah dengan sesuatu yang lebih baik lagi. Nabi Ibrahim dulu pernah berdoa kepada Allah pada waktu beliau menetap di Mekkah bersama Siti Hajar. Beliau berdoa agar Mekkah diberikan tempat yang istimewa dan ramai. Tetapi Allah mengabulkan doa beliau dalam kurun waktu 3000 tahun setelah beliau memanjatkan doa tersebut.

3. Allah menggantinya dengan pahala
Terkadang ada orang yang berdoa kepada Allah, tetapi sampai orang itu meninggal, Allah belum mengabulkan doanya. Jangan Khawatir! Allah maha bijaksana. Allah akan mengganti doa yang pernah anda minta dengan pahala. Allah membalas budi karena kita sudah mentaati salah satu perintah Allah yaitu berdoa.

Dari ketiga poin diatas, kita diharapkan sudah paham kapan doa kita terkabulkan. Jika kita ingin doa kita dikabulkan maka harus memperhatikan waktu yang tepat dalam berdoa (semua waktu memang boleh berdoa tapi ada waktu yang mustajabah dalam berdoa). Berikut ini adalah waktu-waktu yang paling mustajabah dalam berdoa :

1. Ketika sedang Haji.
2. Ketika sang Suami mengucapkan Ijab Qabul pada saat pernikahan.
3. Ketika turun hujan.
4. Ketika berpuasa.
5. Ketika bersujud.
6. Ketika dalam perjalanan yang baik.
7. Diantara adzan dan iqomah.
8. Diantara 2 khutbah waktu sholat Jum'at
9. Pada 1/3 malam (sebelum fajar)
10. Ketika hari Arafah
11. Ketika berkecamuk dalam peperangan
12. dan masih banyak lagi waktu-waktu yang mustajabah

Dengan diketahuinya waktu-waktu yang mustajabah tersebut, kita bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdoa kepada Allah. Perlu diketahui juga bahwa dalam berdoa kita juga harus mengetahui adab-adab dalam berdoa supaya cepat dikabulkan oleh Allah. Berikut ini adab-adab berdoa :

1. Mintalah kepada Allah dalam berdoa, Jangan Menyuruh Allah.
Terkadang kita dalam berdoa sering menyuruh Allah untuk mengabulkan doa kita, tetapi apakah sopan kalau kita menyuruh sang penguasa alam ini???
- Contoh doa yang menyuruh Allah :
Ya Allah Ampunilah saya, dan berikanlah rezeki yang barakah.
- Contoh doa yang meminta :
Ya Allah saya mohon ampun agar engkau mengampuni doa saya, dan saya minta rezeki yang barakah.
Ingat : Pilih doa yang meminta!

2. Menghadap Kiblat serta dengan mengangkat tangan
Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah ketika berdoa mengangkat tangan beliau dengan mengangkat kedua telapak tangan setinggi wajah (wajah menghadap telapak tangan)

3. Mendahului doa dengan memuji Allah dan membaca sholawat atas nabi Muhammad SAW
Rasululllah bersabda : "Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi SAW. Kemudian berdoalah sesuai keinginan." (HR. Ahmad dan Abu Daud)

4. Berdoa dengan penuh keyakinan
Hendaknya kita berdoa dengan penuh keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah. Rasulullah bersabda ; " Apabila kamu berdoa, hendaklah kamu bersungguh-sungguh, yakin dalam doa. Janganlah kamu berdoa dengan kalimat : "Ya Allah, jika Engkau mau, berilah aku!" Karena sesungguhnya Allah tidak dipaksa memenuhi suatu doa." (HR. Anas ra.)

5. Berdoa dengan merendahkan diri
Jika kita berdoa hendaknya kita merendahkan diri, karena Allah pasti tidak tega dengan hambanya yang tawaddhu' dalam berdoa

6. Berdoa dengan khusyu'
Jika kita khusyu' dalam berdoa, maka jalan doa kita akan langsung tersambung dengan Allah dan insya Allah langsung dikabulkan. Berbeda dengan yng tergesa-gesa pasti doanya sulit diterima oleh Allah. Allah berfirman dalam surat Al anbiya : 90 :

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ
Artinya :
"Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada kami.

7. Berdoa dengan suara pelan dan lirih 
Dalam berdoa kita juga harus memperhatikan dalam pengucapan doanya. Jangan sampai kita mengeraskan doa itu, karena Allah bisa mendengarkan suara kita meskipun itu pelan. Rasulullah bersabda :
"Wahai manusia, kasihanilah diri kalian. Sesungguhnya kalian tidak menyeru Dzat yang tuli dan tidak ada, sesungguhnya Allah bersama kalian. Dia Maha Mendengar lagi Maha dekat." (HR. Bukhari)

8. Berdoa dengan mengulangi doa itu sebanyak 3 kali
Dengan mengulangi doa yang kita ucapkan, berarti kita dinggap telah bersungguh-sungguh dalam berdoa. Allah akan merasa tidak enak jika doa kita tidak dikabulkan. Rasulullah SAW bersabda ; : " Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia Malu kepada hambaNya ketika mereka mengangkat tangan kepadaNya kemudian hanbaNya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan)." (HR Tirmidzi)

9. Mengulang doa-doa itu pada setiap waktu
Jika kita ingin doa kita dikabulkan, maka hal yang harus dilakukan adalah mengulang-ulang doa kita di setiap waktu. Entah itu pada waktu dhuhur, ashar, maghrib, isya, dan subuh. Itu menunjukkan bahwa kita memang membutuhkan sesuatu yang telah kita doakan.



Semoga Bermanfaat.


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

2 comments:

  1. kumpulan do'a dalam qur'an dan sunnah pdf
    http://adf.ly/1arS5A
    http://adf.ly/1arSA3
    http://adf.ly/1arSDs

    ReplyDelete